
Need for Speed, kala mendengar nama itu, tentunya benak kita akan tertuju langsung
pada game simulasi balap (racing) buatan Electronic Arts. Game ini telah dirilis sebanyak 9 sekuel semenjak tahun 1995. Game pertamanya berhasil meraih sukses di pasaran, dan hal itu tentunya telah mendongkrak popularitas judul "Need for Speed" di mata para gamer seluruh dunia, terutama pecinta game kebut-kebutan. Otomatis dengan popularitas tersebut, Electronic Arts terus berusaha menerbitkan sekuel-sekualnya, dengan persepsi bahwa nama game tersebut telah memiliki nilai jual yang tinggi.
Nah, di artikel ini akan dibahas, bagaimana setiap sekuelnya, mulai dari yang pertama hingga yang terakhir, mampu memberikan pengalaman baru bagi gamer sekalian dalam memainkan game ber-genre racing. Apakah EA sekedar mengandalkan nama besar Need for Speed, atau benarkah dalam game tersebut terdapat tonggak-tonggak sejarah perkembangan game racing? Dan juga bagaimana pasang surut perkembangan Need for Speed dari sekuel ke sekuel, semua akan diulas lengkap.
NEED FOR SPEED I, ROAD & TRACK PRESENTS: THE NEED FOR SPEED
Pada awalnya, game berjudul Need for Speed ini merupakan game untuk Playstation, yang diluncurkan oleh 3DO pada tahun 1994. Untuk versi PC-nya, dirilis pada 31 Agustus 1995, dan merupakan tonggak sejarah yang mengawali perjalanan panjang seri Need for Speed di dunia game PC. Game ini dibuat oleh Pioneer Production, dan kemudian dirilis oleh perusahaan game terkemuka Electronic Arts, yang mana EA terus menjadi pemegang lisensi penerbitan sekuel-sekuel Need for Speed selanjutnya, hingga saat ini. Game ini secara pintas lalu tampak seperti game balap biasa, tidak ada perbedaan sama sekali. Tetapi ketika Anda mulai memainkannya, Anda seperti merasakan ada di dalam mobil balap yang sebenarnya.
Secara presentasi mungkin sama, tapi Pioneer dan EA menambahkan unsur realisme yang luar biasa, yang kelak akan menjadi tonggak baru bagi dunia game balap PC. Selain terdapat elemen-elemen seperti top speed, acceleration, dan lainnya sebagai atribut kendaraan, Anda juga akan mendapati karakteristik unik dari tiap mobilnya, ada mobil yang berat untuk dikendalikan, ada mobil yang ringan dan memiliki tenaga besar sehingga terkesan over-powered, ada mobil yang stabil tetapi tidak bisa terlalu cepat. Nah, perbedaan realisme dari tiap mobil itulah yang belum pernah ada sebelumnya, dan Need for Speed memulainya pada tahun 1995, kelak di kemudian hari, hampir semua developer game menggunakan ide tersebut untuk membuat game mereka tampak lebih nyata. Bahkan untuk mendukung semua ini, EA menjalin kerja sama dengan majalah otomotif kenamaan, Road & Track. Kerja sama ini sedikit banyak membantu EA untuk mendesain mobil-mobilnya supaya benar-benar sesuai dengan yang asli.
Salah satu ide terbaru, bahkan boleh kami katakan sebagai ide terbaik dalam sejarah dunia game balap, EA dan timnya memasukkan tema "hot pursuit", yaitu aksi kebut-kebutan sambil menghindari kejaran polisi lalu lintas. Kelak ide tersebut akan menjadi contoh bagi sekian banyak game racing, dan tampaknya hingga saat ini, tema "hot pursuit" tersebut begitu diminati oleh para gamer.
Soal sisi teknis, untuk tahun itu game balap keluaran EA ini termasuk istimewa. Pada saat itu, CPU yang menjadi trend di masyarakat umumnya adalah 486. Sedangkan untuk bermain game ini dengan efek grafis penuh, dibutuhkan minimal Pentium 90 (Jangan dibandingkan dengan jaman sekarang, ok?!). Yang sangat menarik dari sisi grafis game ini, setiap mobil memiliki desain dashboard yang berbeda, semua disesuaikan dengan dashboard mobil yang sebenarnya, keren bukan?! Dan itu juga merupakan yang pertama kalinya.
Untuk pengisian suara dan penyertaan klip-klip FMV, EA telah berupaya demikian baiknya, sehingga setiap mobil memiliki suara yang berbeda, terutama saat berpindah gigi. Anda juga bisa menyaksikan pembalap rival menghina dan meremahkan Anda ketika Anda kalah atau tertangkap, semua tersaji dalam FMV singkat yang semakin membuat Anda terbawa ke dalam game. So, Need for Speed edisi perdana ini merupakan yang terbaik di jamannya dan merupakan sejarah bagi dunia PC gaming, terutama untuk racing game.
Seiring dengan kesuksesan seri perdananya, mereka meluncurkan Need for Speed SE (Special Edition), di mana dalam edisi ini ditambahkan 2 bonus track dan fasilitas TCP/IP networking, dalam hal ini, Need for Speed menjadi game balap pertama yang dapat dimainkan dalam network. Hanya saja, edisi spesialnya ini kurang mendapat sambutan, sehingga sering disebut "episode yang hilang" karena nyaris tak terdengar suaranya.


Is the best......
BalasHapus